Tentang VMC

Logo-vmc-smallsVMC Adalah terobosan teknologi pendidikan berbasis Realitas Tertambah yang berfokus pada pengembangan pendidikan di Indonesia.

VMC merupakan bahan ajar berupa simulasi komputer interaktif untuk PC. Bersama dengan webcam dan beberapa paddle bernomor yang memiliki bentuk unik memungkinkan pengguna dapat mengontrol simulasi tersebut.

 Teknologi VMC menciptakan bahan ajar yang menggabungkan antara dunia virtual dengan dunia nyata. Materi pembelajaran yang sulit difahami siswa, karena tidak tertangkap oleh pancaindera dibuat dalam model-model obyek 3 dimensi atau 2 dimensi. Kemudian digabungkan dengan bahan ajar yang nyata dan dapat tertangkap indera.

Terciptalah sebuah bahan ajar yang merupakan gabungan antara obyek virtual dan obyek nyata yang dapat disimulasikan, kemudian di buat dalam bentuk modul-modul materi ajar.

 P9240199

Modul ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan nyata, persepsi siswa terhadap sebuah konsep atau teori akan lebih nyata dan mudah diterima.

VMC dapat digunakan dengan berbagai cara :

  1. Presentasi di ruang kelas
    • Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan proyektor
    • Siswa mempresentasikan hasil penemuan dan tugas-tugas tertentu.
  2. Individu atau kelompok kecil
    • Siswa dapat belajar mandiri dengan bantuan buku pedoman
    • Siswa dapat belajar secara berkelompok mengerjakan latihan
  3. Diskusi kelompok
  • Menciptakan karya mandiri
Gbr9  

Mata Pelajaran Apa saja yang bisa di jadikan VMC ?

Umumnya orang menganggap hanya mata pelajaran eksakta yang dapat dibuat visualisasinya, misalnya matematika, fisika, kimia, biologi. Dengan VMC semua mata pelajaran dapat divisualkan bahkan mata pelajaran pendidikan jasmani, agama, budi pekerti dan sejenisnya.

Solusi Mudah Bagi Guru

Di era pelaksanaan kurikulum 2013 ini dimana TIK merupakan base semua bidang studi, bagi guru VMC merupakan solusi mudah. Mudah, karena seorang guru akan mampu menciptakan bahan ajar sendiri tanpa harus memahami bahasa pemrograman. Semua guru akan dapat membuat bahan ajarnya sendiri sesuai dengan kebutuhannya dan meningkatkan kreatifitasnya.

Langkah mudah membuat bahan ajar menggunakan VMC

  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Menentukan indikator pembelajaran
  • Membuat alur pembelajaran (Story Board)
  • Membuat obyek bahan ajar
  • Merangkai obyek bahan ajar dan membuat interaksi antar obyek sesuai story board.
  • Bahan ajar siap digunakan

Pelatihan dan Pendampingan

Untuk menghasilkan produk bahan ajar yang berkualitas, kami siap memberikan pelatihan sampai tuntas, artinya kami fasilitasi dengan pendampingan dalam tiap tahap pengerjaannya sampai final.
Gbr4

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi kami di :

Graha NF Computer

Jln. Margonda Raya No.522, Depok - Jawabarat

Tlp. (021) 787 4223 / 24

 WA. 0888 0866 4105  | PIN : 74D96B8C

An. Camal Sugiharta,S.Kom

 

KALENDER

« January 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31