STT NF Dukung Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Kec. Limo – Depok

upt11Unit Pelaksana Teknis Pendidikan (UPTP) Kecamatan Limo–Depok menggelar rapat koordinasi rutin dengan para Kepala Sekolah Sekolah Dasar Negeri dan swasta di wilayah Kecamatan Limo untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Pertemuan diadakan di kantor Unit Pelaksana Teknis Pendidikan (UPTP) dan dipimpin langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendidikan (UPTP) Kecamatan Limo – Depok, Drs. Manginar. 

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat Pendidikan Sekolah (DPS) STT Terpadu Nurul Fikri diberi kesempatan kembali untuk mensosialisasikan media pembelajaran berbasis Augmented Reality, yakni VMC (Virtual Media Content).Sosialisasi disampaikan oleh Sugandi sebagai Kepala Bidang Kurikulum DPS STT-NF.Sejumlah terobosan belajar dapat dilakukan dengan bantuan VMC, antara lain Guru dapat menjelaskan konsep-konsep tanpa harus melibatkan bendanya secara fisik  sehingga menghemat waktu dalam mendesain rencana dan aktifitas pembelajaran.

"VMC berbasis aplikasi Multiplatform yang mudah digunakan oleh para Guru. Pada tahap awal, Guru perlu pendampingan untuk membuat media pembelajaran sesuai topik yang telah ditentukan dalam kurikulum," ujar Sugandi. VMC juga bersifat Visual Learning, materi ajar diuraikan dalam beragam bentuk visual dan para siswa dapat melakukan eksperimentasi mandiri. Jadi, tugas Guru lebih ringan karena hanya memberikan stimulan untuk belajar mandiri.

Kurikulum Pendidikan Nasional saat ini berbasis kompetensi, tematik, dan berorientasi pada hasil (prakarya). Untuk itu, VMC dapat membantu meningkatkan produktifitas guru dan sekaligus meningkatkan prestasi siswa melalui media pembelajaran yang unik dan menarik. "VMC sangat bermanfaat memperbaiki sistem pembelajaran di sekolah, karena saat ini siswa cenderung menyukai gambar (image) dibandingkan uraian teks," jelas Lusi Endang Sudarmani selaku Direktur DPS.

Setelah mendengarkan presentasi tentang VMC, para Kepala Sekolah sangat antusias bertanya lebih jauh tentang VMC pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh Camal Sugiharta selaku Moderator. Bahkan Zaenudin,SPd. Kepala Sekolah SDN Grogol 2 meminta kesediaan Team VMC DPS STT Nurul Fikri untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan langsung kepada guru-guru disekolah yang dipimpinnya. Pada kesempatan itu pula, Sri selaku Pengawas TK di Kecamatan Limo meminta kesediaan Team VMC DPS STT Nurul Fikri untuk melakukan sosialisasi VMC pada pertemuan guru – guru TK se-kecamatan Limo yang rutin diadakan oleh UPTP Limo.

Menurut Drs. Manginar, Kegiatan sosialisasi ini sebenarnya sangat dibutuhkan sekolah, karena berfungsi sebagai jembatan untuk lebih memperkenalkan TIK kepada siswa. Namun akan lebih mengena jika kegiatan sosialisasi ini langsung dilaksanakan di sekolah-sekolah sehingga dapat lebih diserap akan manfaatnya oleh guru-guru yang ada di sekolah-sekolah atau di gugus mata pelajaran.Secara pribadi, beliau menilai program ini sangat bagus dan belum pernah digunakan sebelumnya di sekolah-sekolah di bawah UPTP Limo yang dipimpinnya.

Begitupun halnya dengan Nawawih, Kepala Sekolah SDN Krukut 3 berpendapat kegiatan sosialisasi sangat bermanfaat karena memberikan informasi terkini seputar perkembangan IT sebagai sarana pendamping pembelajaran sehingga kualitas mutu pendidikan di sekolah dapat lebih ditingkatkan.

Di akhir acara, Lusi Endang Sudarmani selaku Direktur DPS menyampaikan informasi terkait kegiatan-kegiatan yang dalam waktu dekat akan diadakan oleh DPS STT NurulFikri, salah satunya adalah Seminar Pendidikan dan Lomba Keterampilan Komputer serta memberikan sumbangan berupa paket buku TIK berbasis Opensource untuk Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas 6 sebagai tambahan refesensi bukuTeknologi Informasi dan Komunikasi di perpustakaan UPTP Kecamatan Limo Depok. papar Lusi.

KALENDER

« March 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31