Virtual Media Content

vmc 2.1Adanya kesempatan pemanfaatan media Virtual 3D (Augmented Reality) untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan kompleksitas objektif yang tinggi menjadi lebih mudah dipahami oleh peserta didik disambut baik oleh guru-guru dengan antusias mengikuti pelatihan-pelatihan pembuatan modul Virtual Media Content (VMC) di beberapa unit sekolah.

Pada pelatihan yang diadakan sekali setiap minggunya dengan durasi antara 1-2 jam ini, dimanfaatkan dengan baik oleh guru-guru untuk menyiapkan modul pembelajaran berbasis Virtual 3D ini. Beberapa guru menyatakan “media seperti inilah yang ditunggu-tunggu” untuk membantu para guru dalam menjelaskan beberapa pokok bahasan tertentu yang selama ini cukup sulit dicerna oleh siswa.

Materi pembelajaran yang dibuat terutama sekali yang berkaitan dengan pemahaman terhadap objek-objek yang kompleks yang selama ini cukup sulit untuk di pahami oleh peserta didik tanpa bantuan media Virtual seperti ini. Sesuai dengan azas kerja otak yang lebih mudah menangkap dan mengingat informasi dalam bentuk visual (gambar) daripada penjelasan dengan tulisan.

Contohnya adalah objek struktur jantung dan peredaran darahnya, geografi tata surya dan kontur permukaan bumi, materi fisika dan kimia orbital quantum, susunan atom dan molekul serta pergerakan elektron dan eksitasinya, Jaring-jaring dan rusuk bangun ruang, reaksi pembentukan senyawa sampai pelajaran agama dan sosial untuk pokok bahasan tertentu.

 vmc 1

Hal-hal yang dapat dicapai dengan bantuan media VMC ini antara lain :

  • Perhatian yang lebih dari siswa sepanjang jam pelajaran, sehingga pembelajaran lebih kondusif dan fokus.
  • Meningkatkan Motivasi, Kreatifitas dan Pemahaman Siswa terhadap suatu materi
  • Dapat diterima untuk siswa kinestetis
  • Siswa dapat lebih dipermudah dalam memahami konsep permasalahan materi belajar dengan tingkat kompleksitas yang tinggi
  • Menata visualisasi kinestestis siswa dari apa yang dilihat oleh mata, belum dapat dijangkau secara fisik, tetapi bisa diingat pada prosesnya.
  • Media ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkreatifitas (create), membangun pemahaman (build), dan berbagi (share), tetapi juga memberikan guru kesempatan unik dalam menyampaikan kurikulum yang sedang diajarkan, menciptakan interaksi guru dan siswa di kelas abad ke-21. 
  • Konsep ilustrasi tanpa dibatasi oleh keterbatasan fisik
  • Siswa terbiasa berbagi dan bekerja secara kelompok (tim)
  • Memunculkan ide-ide besar
  • Memberikan tantangan siswa untuk lebih berprestasi
  • Peserta didik akan tertantang dan terinspirasi dalam skala dunia
  • Menghasilkan Portofolio siswa yang dapat dilihat oleh keluarga
  • Mendukung proyek-proyek yang memerlukan analisa kritis dan improvisasi

vmc 5vmc 6

KALENDER

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30